Laman

Kamis, 07 Juni 2012

KERUSAKAN LINGKUNGAN

                 Akhir-akhir ini kebersihan lingkungan sudah jarang diperhatikan oleh setiap orang. Ini dapat dilihat di sekeliling kita sendiri. Banyak sekali tempat yang kebersihannya kurang atau tempat yang kotor. Ini di sebabkan oleh perbuatan manusia sendiri yang kurang memperhatikan dan sering mengabaikan kebersihan lingkungan, padahal kebersihan itu sangat penting sekali bagi manusia. Lingkungan yang tidak bersih ini menimbulkan kerusakan lingkungan.
Kerusakan lingkungan ini biasanya disebabkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Seperti membuang sampah sembarangan seperti membuang sampah di kali-kali atau sungai-sungai, polusi dari asap kendaraan dan pencemaran dari limbah pabrik. Seharusnya orang-orang itu harus diajarkan tentang kebersihan lingkungan dari kecil.   Padahal banyak orang yang sudah mengetahui akibat dari perbuatan tersebut dapat menyebabkan kerusakan lingkungan  yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, polusi dan bau yang tidak sedap. Kerusakan lingkungan juga dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan dapat menimbulkan global warming. Tetapi orang-orang masih saja mengabaikan hal tersebut.
Kerusakan lingkungan juga mengakibatkan kerusakan kehidupan, contoh asap polusi dari pabrik tiap hari menyebabkan rusaknya lapisan ozon yang melindungi bumi dari sengatan matahari.  Karena rusaknya lapisan ozon ini maka terjadilah yang namanya pemanasan global atau sering kita sebut dengan global warming yang menyebabkan melelehnya es di kutub utara dan menyebabkan naiknya volume air laut. Karena meningkatnya volume air laut maka banyak daerah di tepi pantai yang tenggelam dan tingkat abrasi pun semakin tinggi. Pemanasan global juga berpengaruh pada iklim dan suhu di dunia. Suhu yang panas inilah yang menyebabkan kerusakan lingkungan seperti terjadinya gempa bumi, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami dan lain-lain.
Beberapa masalah pokok yang menyebabkan timbulnya masalah lingkungan antara lain adalah tingginya tingkat pertumbuhan penduduk, meningkatnya kualitas dan kuantitas limbah dan adanya pencemaran lintas batas Negara. Masalah lingkungan saat ini menjadi salah satu isu yang paling sering di bahas baik oleh pemerintah, peneliti maupun lingkungan global. Karena lingkungan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia.
Kerusakan lingkungan bisa diatasi dengan cara membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak tanah, melakukan penanaman terasering untuk lahan dengan kemiringan tertentu dan menanam pohon di setiap tempat yang dapat di tanami. Pemerintah juga harus memberikan penyuluhan terhadap masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan akibat dari kerusakan lingkungan. Hal yang paling utama adalah kesadaran dari diri manusia itu sendiri untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak rusak. Dengan cara seperti itu kerusakan lingkungan dapat diatasi sedikit demi sedikit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar